Breaking News
Loading...
Tuesday 5 February 2013

Mengenal Estetika Batik Kudus

14:31
Salah Satu Motif Batik Kudus (http://media.viva.co.id/)

Lintas Kudus - Batik adalah karya budaya yang mewakili identitas indonesia di tingkat internasional. Dalam selembar kain batik, terpapar identitas budaya dan sejarah sebuah daerah atau kota. Ada ribuan jenis dan motif batik yang lahir dan berkembang di banyak daerah di Indonesia. Salah satu jenis batik yang mempunyai motif unik dan menarik adalah batik Kudus. 

Batik Kudus merupakan produk yang diciptakan dari salah satu daerah di pulau jawa, yang merupakan pusat perkembangan agama Islam serta memiliki pengaruh kuat budaya Cina sebagai sebuah karya multi kultur. 

Corak warna batik kudus (le-indofashion.blogspot.com )
Sejarah mengungkapkan, bahwa pengaruh budaya dari para saudagar Cina sangat berpengaruh bagi kebudayaan Indonesia. Ketika mereka mengadakan perjalanan perdagangan, dana datang ke pulau Jawa. Mereka mendatangkan para pengrajin batik dari Pekalongan untuk menciptakan batik peranakan dengan ciri khas yang sama dengan batik Kudus. Selain itu, Kudus juga menghasilkan batik-batik yang sangat dipengaruhi budaya Islam. Hal ini tercermin dalam corak batiknya yang memakai motif huruf Arab (batik kaligrafi), dengan didominasi warna-warna yang cenderung gelap, seperti biru tua dan hitam.

Di kalangan pencinta kain, batik khas Kudus dikenal sebagai batik peranakan yang halus dengan isen-isen (isian dalam ragam pola utama) yang rumit seperti batik Jawa Tengah pada umumnya. Diantara isen-isen yang dikenal dalam Batik Kudus adalah isen gabah sinawur, moto iwak, mrutu sewu dan lain sebagainya. 
Batik Kudus juga dikenal dengan warna-warna sogan (kecoklatan) dengan corak tombak, kawung atau parang, tetapi juga dihiasi dengan buketan (rangkaian bunga) dengan imbuhan pinggiran lebar, taburan kembang, kupu-kupu dan burung dengan warna-warna cerah.

Batik Kudus agaknya perlu dilestarikan serta dipasarkan lebih jauh, agar dapat bersaing di pangsa perdagangan internasional. Karena batik kudus memiliki keindahan tersendiri serta kelebihan yang tidak sama dengan batik lainnya.

Untuk itu, semua kebudayaan negara kita  khususnya kesenian batik wajib kita jaga dan kita lestarikan sebagai identitas negara kita. Terlebih sudah adanya hak paten dari UNESCO, kita akan lebih mantap dalam melestarikan kesenian batik. Adapun caranya yaitu dengan selalu belajar dan mempraktikkan untuk menciptakan sebuah karya seni batik yang mempunyai motif baru dan unik. 

1 comments:

 
Buka Footer